Pancasila

pancasila&kita

Pos ini dipublikasikan di Materi. Tandai permalink.

27 Balasan ke Pancasila

  1. mirzaarif004 berkata:

    Bapak ini saya arif mirza rahmatika kelas B Nim 155010155

  2. mezinadila berkata:

    Nama:mezi nadila
    Nim:155010181

  3. Nama:Hunna Sunanthawong
    Nim:155010182

  4. hilmyashof berkata:

    Bagaimana menurut bapak tentang pancasila dan hukum yang berlaku sekarang ini pak ?

  5. Terimakasih pak, sangat membantu untuk mahasiswa sem 1

  6. Sangat disayangkan bahwa calon-calon pemimpin bangsa tidak hapal Pancasila.Padahal Pancasila sebagai dasar negara yang melandasi setiap langkah yang diambil baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Masing-masing anggota masyarakat harus meningkatkan kesadaran diri pentingnya mengenal dan mengetahui Pancasila.Jangan hanya merasa memiliki Pancasila saja tetapi tidak memelihara dan menjaganya.Bagaimana kita akan membangun suatu negara yang kokoh,kuat,adil,makmur dan merata bila dasar negaranya saja dilupakan dan tidak dipelihara dengan baik?Mungkin sebaiknya pemerintah menyelenggarakan kembali kegiatan Penataran P4 untuk merefresh kembali ingatan kita tentang Pancasila.Khususnya untuk generasi muda yang semakin hari semakin kental budaya “menunduk berjamaah” alias lebih memilih memainkan gadgetnya daripada melakukan hal-hal yang bisa memajukan bangsa ini.Walaupun tidak semua generasi muda bertindak seperti itu.Toleransi,bertenggangrasa,saling tolong menolong,menghormati agama dan kepentingan orang lain,tidak memaksakan kehendak kepada orang lain,bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah adalah hal-hal kecil yang mulai hilang dari masyarakat kita yang akhirnya mengakibatkan timbulnya masalah besar pada kehidupan berbangsa dan bernegara kita.
    Melihat sisi yang lain dari generasi muda kita yang masih mau dan berusaha membangun bangsa dan negara dengan program Anak Sabang Merauke yang merupakan suatu program pertukaran pelajar usia SMP antar daerah di Indonesia yang menanamkan semangat toleransi,pendidikan dan keindonesiaan.Mereka berpendapat bahwa toleransi itu tidak bisa hanya diajarkan tetapi harus dirasakan.Bangga rasanya melihat ada anak-anak muda bangsa ini yang turun tangan langsung dalam menjunjung nilai-nilai Pancasila.Semoga hal ini dapat dijadikan contoh positif untuk anak-anak muda dan anggota masyarakat yang lain sehingga dampak dari program ini menjadikan kita lebih semangat dalam mencapai cita-cita bangsa yaitu keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.SEMANGAT,KITA PASTI BISA!!!!!

  7. Maaf kelupaan pak,terimakasih Pak Pudjo telah memberikan ilmu yang baik untuk menjadikan kami orang yang lebih baik.Maturnuwun……

  8. sitinurkhalimah berkata:

    Pak saya siti nur khalimah kls A smt 1 fakultas farmasi.
    Pak saya mau bertanya, kenapa manusia itu harus berfilsafat ? Dan kenapa juga filsafat yang digunakan bangsa Indonesia adalah filsafat pancasila ?
    Terima kasih

    • phutomo13 berkata:

      hi…siti….katanya: dengan berfilsafat kita ‘bisa’ lebih memiliki kebijaksanaan…. semua sila mengandung ajaran-anjuran-kebijaksanaan tentang bagaimana kita bersama menjalani kehidupan di bumi indonesia, selain itu kita sudah berkomitmen untuk menerima pancasila sebagai ‘way of life’…..naah..nggak ada pilihan lain bagi bangsa indonesia, selain menerima pancasila….tetap semangat ya….

  9. nadyalaras271 berkata:

    Bapak ini saya Nadya Laras Pangesty Kelas B Semester 1 nim 155010159

  10. Nina Fitriani berkata:

    Selamat malam Pak.
    pak saya mau bertanya. Tapi saya lupa ini pada materi apa. Pak pudjo pernah bilang bahwa sejarahwan Indonesia jika ingin belajar tentang sejarah Indonesia maka mereka akan ke Belanda karena seluruh arsip tentang sejarah NKRI berada di Belanda, Indonesia hanya dikasih fotonya saja. Nah kenapa sih pak kok Indonesia tidak berusaha dan mengusahakan untuk meminta arsip tersebut dari Belanda?
    Terimakasih pak
    Nina Fitriani/Farmasi A

    • phutomo13 berkata:

      hi Nina…thanks telah bertamu di sini… menurut logika, kalau semua arsip, terutama yang sangat penting menyangkut eksplorasi kekayaan bangsa Indonesia dan pelanggaran kemanusiaan selama belanda menjajah kita, diketahui oleh bangsa indonesia dan dunia…maka yang terjadi akan sangat merugikan belanda….karena rakyat bisa mendesak pemerintah (indonesia) untuk melakukan penuntutan ( mengembalikan kekayaan dan pelanggaran ham dll )….naah…hal2 seperti inilah yang tentunya tidak dikehendaki oleh belanda. selamat beraktifitas…tetaplah semangat!!!

  11. dyahalifatuzzf berkata:

    assalamualaikum bapak ini saya Dyah alifatuz zulfa kelas A Nim 155010052

  12. sitimunawaroh123 berkata:

    bagaimana cara menyikapi ketika kita sudah berbuat baik tetapi orang tersebut tidak tau terima kasih?
    haruskah kita berbuat baik trus atau gimana ???

    • phutomo13 berkata:

      hi siti….berbuat baiklah teruuuuuussss….jangan berhenti…!!! apakah orang lain akan berterimakasih atau tidak…nggak usah dipikirkan! saran bapak: landasilah semua perbuatan siti dengan keikhlasan…tanpa niatan untuk dipuji…dll. Tetap semangat ya….semoga Allah senantiasa membimbing siti dan kita semua….

    • sitimunawaroh123 berkata:

      iya bapak pujo makasih bapak ,,,semoga saja kita selalu diistiqomahkan dalam kebaikan

  13. mencilnet berkata:

    Terimakasih pak Pudjo, atas ilmunya,
    Saya saya setuju pak dengan apa yang bapak sampaikan, dijaman sekarang ini memang masyarakat indonesia sudah mengalami bencana krisis moral yang luar biasa, dari yang masih anak2 sampai yang dewasa sudah tidak punya malu lagi melakukan hal2 yang dianggap tabu tapi justru sekarang merasa bangga jika melakukan hal2 yang bertentangan dengan norma dan kesusilaan yang berlaku di indonesia.

    Supriyanto
    Mahasiswa FH (157010030)

Tinggalkan komentar